Adsense Link 728 X 15;
Home » » Pilih Asuransi Atau Tabungan Pendidikan Yaa??

Pilih Asuransi Atau Tabungan Pendidikan Yaa??

Posted by Admin 2012-07-10 12 comments
Pilih Asuransi Atau Tabungan Pendidikan Yaa?? bagi orang tua yang awam seperti saya, kedua pertanyaan tersebut terkadang membuat bingung ketika dihadapi keinginan untuk berinvestasi sekaligus menyiapkan biaya pendidikan untuk buah hatinya. Mengingat inflasi biaya pendidikan yang selalu meningkat tiap tahunnya, menyiasati biaya pendidikan untuk sibuah hati perlu dicermati sejak dini.


Asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan
Sebelum kita memutuskan untuk berinvestasi pendidikan anak, perlu kiranya kita mengetahui dan memahami benar antara asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan. Nah, pada sebuah tanya jawab disebuah situs www.perencanakeuangan.com dijelaskan bahwa pada dasarnya asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan memilikik karakteristik yang sama, yaitu investasi yang pengambilannya disesuaikan dengan jadwal masuk sekolah anak. Juga sama-sama memiliki fungsi proteksi. 
 
Asuransi Pendidikan adalah asuransi yang memberikan dua fungsi (asuransi dwiguna) yaitu fungsi proteksi dan fungsi investasi. Ia memberikan fungsi proteksi dengan menanggung risiko kematian atas Anda, yaitu menjanjikan sejumlah tertentu uang jika Anda mengalami kematian. Biasanya uang pertanggungan yang diberikan disesuaikan dengan biaya pendidikan anak yang sudah disepakat dalam polis. 

Asuransi ini juga berfungsi sebagai investasi dengan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang Anda bayarkan. Sebagai gantinya, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah dana yang besarnya sudah disepakati dalam polis dan waktu pembayarannya juga dijadwal dalam polis agar sesuai dengan waktu sekolah si anak.

Sedangkan tabungan pendidikan adalah produk tabungan dari bank yang memiliki karakteristik mirip dengan asuransi pendidikan. Dengan tabungan pendidikan, Anda menabung sejumlah uang tertentu secara rutin. Besarnya tabungan bulanan Anda dihitung dari target dana pendidikan yang akan Anda ambil nantinya. Untuk menjamin ketersediaan dana pendidikan nantinya, bank bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk menjamin setoran Anda walaupun terjadi resiko kematian. 

Bagaimana, sekarang sudah jelaskan. Tidak ada kata terlambat untuk menyiapkan biaya pendidikan anak, lebih cepat lebih baik lho katanya.
Sumber gambar : google.co.id
Tulisan nyomot dari : perencanakeuangan.com


12 comments:

raffi mengatakan...

keduanya juga penting,,

karyakuumy mengatakan...

Betul mbak, saya juga masih bngung ini mbak, nnti kalo pnya istri dan anak.. Takut gagal, tapi tidak takut untuk sukses.. mdh2an investasi pendidikan buah hati saya kelak bisa berhasil saya lakukan. hehe

Bang Oi mengatakan...

Kebetulan saya belum jadi orang tua Bunda.
tapi tetap saja ini harus di pikirkan dari sekarang untuk masa depan keluarga nanti.

nice share bunda

Anonim mengatakan...

spertinya di bank2 tertentu sudah ada program utk investasi pendidikan dan gk perlu repot2 ikut asuransi :D

papap arfa mengatakan...

inti keduanya sama aja mba.. menyiapkan pendidikan si kecil ke depannya. walaupun sekarang anak saya baru 5 bulan udah kepikiran tuh dengan bagaimana caranya supaya anak nanti bisa sekolah dan meraih pendidikan setinggi-tingginya :)

Adi Pradana mengatakan...

pendidikan anak sangatlah penting, untuk itu perlu dipersiapkan secara matang. tinggla bagaimana orangtua memilih cara apa yang terbaik ? asuransi or tabungan.

best regard,
boomberita.blogspot.com

Admin mengatakan...

@Adi Pradana : sepertinya keduanya mempunyai tujuan yang sama
@papa Arfa : iya, wah dah 5 bulan ya usia anaknya, lebih dini berinvestasi untuk pendidikannya lebih bagus pak...

Admin mengatakan...

@Naussea : iya hampir rata2 bank sudah menyediakan tabungan pendidikan yaa...
@bang oi : nah justru masih belum menikah harus sudah disiapkan sejak dini...

Iklan Lombok mengatakan...

Kalo saya plih tabungan pendidikan aja... sepertinya lebih bermanfaat untuk masa depan..bukan brarti asuransi tidak penting lho yak.. hihiii :)
Salam kenal bunda...

Obat Tradisional mengatakan...

Kirain ane doang yang bingung untuk menentukan asuransi apa tabungan pendidikan??
karena penghasilan masih belum paspasan ane ambil tabungan pendidikan aja tuh bunda tina :)

cara mengobati maag mengatakan...

Pilih dua-duanya aja :D
salam kunjung,,!

rina mengatakan...

Buat saya keduanya sama pentingnya

Posting Komentar